Cara Cepat Main Gitar tanpa Guru yang Mudah Dilakukan Pemula

Cara Cepat Main Gitar tanpa Guru yang Mudah Dilakukan Pemula

Gitar merupakan salah satu alat musik yang banyak dipelajari oleh bermacam kalangan, juga anak muda. Jika anda punyai budget yang minim dan belum dapat menyewa jasa guru, perlu paham cara cepat main gitar tanpa guru.

Mengutip buku Mahir Bermain Gitar oleh Kautsar (2016), gitar terbagi menjadi sebagian jenis, yakni gitar akustik, gitar solid, gitar elektrik, dan gitar hollow. Meskipun berbeda, namun dasar ilmunya tetap sama, supaya anda tidak perlu bingung ulang disaat idamkan memainkan gitar type lainnya.

Cara Belajar Gitar Tanpa Guru
Meskipun tidak diajari segera oleh guru, bermain gitar tetap dapat dijalankan bersama apik asalkan paham metodenya. Beberapa cara yang perlu dijalankan untuk studi bermain gitar otodidak yakni sebagai berikut:

1. Tentukan Posisi yang Pas dan Nyaman kunci gitar
Posisi yang nyaman didalam bermain gitar yakni bersama duduk di kursi, lantas tegakkan punggung dan bahu. Kemudian, dekatkan badan gitar ke dada dan perutmu.

Peganglah bagian leher gitar menggunakan tangan kiri bersama jari-jari membentuk huruf V. Tahan badan gitar menggunakan pemberian kaki kananmu. Selanjutnya, coba untuk menekan-nekan senar menjadi berasal dari pelan hingga cepat. Hal ini dijalankan untuk melatih keseimbangan.

2. Pelajari Cara Menyetel Senar Gitar (Tuning)
Cara studi gitar yang selanjutnya yakni bersama menyetel senar gitar. Tidak semua senar gitar dapat segera mengeluarkan suara bagus disaat dipetik, bahkan gitar baru. Oleh dikarenakan itu, anda perlu menyetel senar gitar khususnya dahulu.

Belajar cara menyetel senar gitar sangat penting supaya membawa dampak telingamu lebih sensitif didalam merespon nada. Hal yang perlu dijalankan adalah ketahuilah nama-nama senar bersama kronologis E, A, D, G, B, dan E. Selanjutnya, atur tuner cocok kebutuhanmu. Jika idamkan suara yang tinggi, maka kencangkan senar gitarmu, begitu juga sebaliknya kumpulan kunci gitar ndarboy genk .

3. Pelajari Kunci-Kunci Dasar Gitar
Cara bermain gitar untuk pemula adalah mencari paham kunci-kunci dasar didalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, punyai cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik.
Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya telah anda ketahui pernah sebelum saat menjadi studi memainkan kunci-kunci. Untuk memudahkan sistem belajar, anda dapat mencatat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus.

4. Belajar Memetik Gitar
Langkah setelah itu yakni hafalkan penempatan jari di tiap tiap senar menggunakan 5 jari.
Dalam perihal ini, ibu jari ditaruh di senar paling atas untuk memetik senar no 6, 5, atau 4. Lalu, jari telunjuk dipakai untuk senar no 3, jari sedang no 2, dan jari manis untuk no 1.
Setiap kunci gitar membawa cara memetik senar yang berlainan dan mengeluarkan suara yang berlainan pula. Misalnya, selagi anda bermain kunci A, maka senar yang perlu dipetik adalah A-D-G-B-E bagian bawah. Hal ini pasti berlainan disaat idamkan memainkan kunci lainnya.

5. Belajar Melodi
Cara bermain gitar yang selanjutnya adalah bersama studi melodi. Langkah yang perlu dijalankan yakni cari paham melodi gitar bersama membaca tabulas dan pahamilah scale. Jika anda dapat paham tentang keduanya, maka anda bakal lebih gampang didalam menebak melodi terhadap lagu.

6. Rutin Berlatih
Setelah mempelajari cara bermain gitar di atas, cara selanjutnya yakni praktikkan semua yang telah dipelajari di atas secara rutin. Belajarlah untuk menekan senar terhadap fret yang tersedia di leher gitar.
Rasakan bahwa anda cuma meresapi getaran di jari bersama menekan senarnya saja. Jika dirasa telah lumayan menguasai teknik di atas, anda dapat coba memainkan lagu bersama chord yang mudah.

Leave a Comment