7 Tips Sangat Efektif Untuk Pencari Kerja

Sebelum mencari pekerjaan yang cocok, Anda harus menguasai seni memasarkan keterampilan dan bakat Anda secara efektif. Ini memiliki pengaruh langsung pada kemungkinan mendapatkan pekerjaan pilihan Anda. Berikut adalah beberapa tips mencari lowongan kerja terbaru yang akan membantu Anda.

1. Evaluasi Keterampilan dan Minat

Mencantumkan keterampilan, kemampuan, minat, pengalaman, dan sebagainya akan sangat membantu Anda tidak hanya untuk menentukan kemampuan Anda, tetapi juga untuk menunjukkan kekurangan Anda. Berbagai pekerjaan tersedia–beberapa di antaranya mungkin terlalu menuntut bagi Anda, dan Anda mungkin terlalu memenuhi syarat untuk beberapa di antaranya. Latihan evaluasi diri ini akan membantu Anda memahami kapan harus melamar pekerjaan dan jenis pekerjaan apa yang akan dilamar.

2. Kunjungi Calon Pengusaha

Setelah Anda menyelesaikan evaluasi diri Anda, sekarang saatnya untuk mengunjungi calon pemberi kerja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari. Calon pemberi kerja mendapatkan kesan yang baik dari pelamar yang datang dengan lamaran kerja di pagi hari. Anda juga akan mendapatkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan prosedur wawancara dan seleksi, jika dilakukan. Pepatah lama “burung awal menangkap cacing” berlaku di sini.

3. Siapkan Resume yang Efektif

Langkah pertama dalam proses mencari pekerjaan adalah membuat resume yang efektif. Resume Anda harus disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar. Beberapa majikan memerlukan daftar riwayat hidup bersama dengan surat lamaran. Lamaran untuk pekerjaan selalu mencakup pengajuan resume dengan kata-kata yang baik, diketik dengan rapi, dan mengesankan.

4. Lowongan Penelitian di Perusahaan

Setelah menyiapkan dokumen yang sesuai, Anda harus berburu lowongan. Internet selalu sangat membantu dalam hal ini. Ada sejumlah situs yang banyak akal seperti America’s Job Bank, HotJobs, dan Monster yang memudahkan pencari kerja untuk meneliti posisi kosong dan perusahaan yang mengiklankannya.

5. Hati-hati dengan Pekerjaan yang Tidak Diberitahukan

Banyak perusahaan dan pengusaha tidak mengiklankan pekerjaan di organisasi mereka. Pelamar hanya perlu mengirimkan resume dan formulir aplikasi mereka ke perusahaan tersebut.

Beri tahu semua orang di lingkaran sosial Anda bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Inilah yang populer disebut jaringan. Kerabat, majikan sebelumnya, atau kolega biasanya menjadi tambang informasi tentang lowongan yang mungkin mereka ketahui. Teman-teman dalam profesi guru akan dapat membantu Anda menemukan posisi di sekolah atau lembaga pendidikan.

Kontak Anda mungkin tidak memiliki lowongan di perusahaan mereka sendiri atau perusahaan tempat mereka bekerja, tetapi mereka pasti mengenal seseorang, di suatu tempat yang perlu mempekerjakan karyawan baru.

6. Coba Semua Sumber Pekerjaan

Bagian ketenagakerjaan di sebagian besar surat kabar lokal merupakan sumber informasi yang sangat baik tentang pekerjaan. Ada sejumlah “orang yang dicari” dan peluang kerja lainnya untuk ditelusuri. Anda dapat menghemat banyak waktu dan uang dengan melamar ke beberapa perusahaan yang berlokasi di area tempat tinggal Anda. Jangan biarkan peluang terlepas dari jari Anda. Bahkan jika Anda menemukan peluang di kemudian hari, segera tanyakan statusnya.

Yellow Pages juga merupakan sumber informasi yang sangat baik tentang di mana dan bagaimana mencari pekerjaan. Ini memberikan daftar lengkap calon pemberi kerja dan perusahaan di area tertentu.

Anda juga dapat mengunjungi perpustakaan saat Anda sedang dalam proses mencari pekerjaan. Biasanya ada daftar lengkap calon pemberi kerja lokal di perpustakaan setempat; pustakawan Anda akan dapat membantu Anda dalam hal ini. Anda harus secara pribadi menghubungi beberapa pemberi kerja meskipun mereka belum mengiklankan pelamar mana pun.

Hati-hati dengan tanda yang dipasang di depan toko, toko, atau gedung. Jika Anda kebetulan melihat tanda atau poster yang meminta lamaran, masuk saja untuk mencari tahu tentang pekerjaan yang diiklankan dan untuk informasi tentang cara melamarnya.

Pantau kemajuan upaya pencarian kerja Anda dengan membuat daftar perusahaan yang telah Anda lamar dan hari Anda mengirimkan lamaran.

7. Gunakan daftar periksa ini untuk membantu Anda dalam proses mencari pekerjaan

Mengidentifikasi keterampilan, kemampuan, bakat, dan pengalaman.

  1. Identifikasi calon pemberi kerja.
  2. Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti resume, CV, dan surat lamaran
  3. Rencanakan jadwal Anda.
  4. Hubungi perusahaan dan pemberi kerja.
  5. Persiapkan diri Anda untuk wawancara.
  6. Menilai cara Anda menangani wawancara.
  7. Ikuti ujian kompetitif apa pun jika perlu.
  8. Mulailah dengan pekerjaan baru Anda.

Jika Anda mencari informasi tentang lowongan kerja, segera kunjungi informasi lowongan kerja yang menyediakan banyak informasi lowongan pekerjaan.

Leave a Comment